Header Ads

Muktamar IV MPI untuk Menyuarakan Kebenaran Dan Mempererat Persatuan Umat

banner ads
Manjaniq.com , Semarang-- Mahasiswa Pecinta Islam (MPI) mengadakan Muktamar IV di BP2KLK Jawa Tengah. Acara tersebut berlangsung dari 20-22 Juli 2018. Sabtu (21/7/2018)

Muktamar IV yang bertemakan “Mendayagunakan Intelektualitas Mahasiswa Untuk Menyuarakan Kebenaran Dan Mempererat Persatuan Umat”.

Organisas yang berasaskan Islam dan berlandaskan kepada Al Quran, hadits serta ijma’ berdasarkan pemahaman Ahlu sunnah wal jama’ah.

Sesuai dengan namanya, MPI Mahasiswa Pecinta Islam. Tentu semua yang terlibat dalam organisasi ini adalah seorang Mahasiswa.

Mahasiswa adalah seseorang yang memiliki potensial dalam memahami perubahan dan perkembangan di dunia pendidikan dan lingkungan masyarakat.

Itulah bebeapa definisi tentang Mahasiswa. Dan sudah tidak diberdebatkan lagi bahwa mahasiswa memiliki peran dan fungsi penting dalam memajukan sebuah peradaban.

Setidaknya ada lima fungsi dan peran penting mahasiswa:

 - Mahasiswa sebagai ‘iron stock”.
Mahasiswa diharapkan menjadi manusia- manusia yang memiliki kemampuan dan ahlak yang mulia sebagai pengganti generasi-generasi sebelumnya.

 - Mahasiswa sebagai “agent of change”. Sesuai dengan artinya agen perubahan, mahasiswa juga berperan menjadi agen perubahan untuk masyarakat.

 - Mahasiswa sebagai “guardian of value”. Sesuai dengan artinya guardian of value adalah penjaga nilai-nilai. Nilai-nilai moral kebaikan yang ada di masyarakat.

 - Mahasiswa sebagai “moral force”. Artinya mahasiswa berperan sebagai kekuatan moral. Sebab mahasiswalah yang akan menjadi kekuatan moral untuk negri. Sebagai mahasiswa tentu harus memiliki acuan dasar dalam berprilaku. Acuan dasar itu adalah tingkah laku, perkataan, cara berpakaian, cara bersikap, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan moral yang baik.

  - Mahasiswa sebagai “social control”.
Dalam arti mahasiswa berperan sebagai pengontrol kehidupan sosial masyarakat.

Itu fungsi dan peran seorang Mahasiswa secara Umum. Belum jika dilihat dari kacamata Islam.

Yang jelas bahwa Mahasiswa memiliki peran penting dalam kemajuan maupun kemunduran sebuah peradaban.

Ummat Islam harus bersyukur dan berbangga dengan adanya organisasi MPI ini.

Di zaman yang mana Islam menjadi bulan-bulanan, menjadi kambing hitam, dikucilkan, diserang dari berbagai sisi masih ada sebuah perkumpulan Mahasiswa yang tetap menyuarakan kebenaran Islam.

Sumber FB rhofiq
Editor shendy

Tidak ada komentar