Header Ads

Paska penangkapan 11 pangeran, raja Salman bertemu Trump untuk salurkan $15 miliar buat pertahanan agar Saudi aman

banner ads
Presiden Donald J. Trump berbicara dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dari Arab Saudi, Sabtu (04/11/2017). Raja Salman menyampaikan belasungkawa atas serangan truk di New York City.

“Presiden Trump berterima kasih kepada Raja atas dukungannya, dan menekankan komitmen Amerika untuk mengalahkan ISIS,” kata pernyataan dari sekretaris negara.

Trump dan Salman membahas ancaman yang terus berlanjut dari milisi Hutsi yang didukung Iran di Yaman dan serangan rudal balistik ke Riyadh. Keduanya menekankan pentingnya melawan ideologi ekstremis dan memperjuangkan moderasi dan toleransi.

“Presiden memuji Raja untuk mencapai komitmen yang disampaikan dalam KTT Riyadh yang bersejarah awal tahun ini, termasuk meluncurkan Pusat Penargetan Pembiayaan Teroris dan Pusat Global untuk Memerangi Ideologi Ekstrimis,” imbuh pernyataan itu yang dimuat dalam situs White House.

Trump kemudian berterima kasih kepada Salman terkait investasi senilai $ 15 miliar untuk sistem pertahanan udara THAAD (Terminal High-Altitude Area Defense) dan miliaran dolar lainnya dalam hal militer.

“Presiden meyakinkan Raja bahwa dia akan mendukung pembelian peralatan militer tertentu yang akan membuat Arab Saudi tetap aman dan membantu menciptakan lapangan kerja di Amerika,” lanjut pernyataan itu.

Dalam hal ekonomi, Trump meminta Salman untuk secara serius mempertimbangkan penjualan saham Aramco di bursa saham Amerika Serikat. Selain itu, ia juga mengapresiasi kebijakan putra mahkota Muhammed bin Salman untuk membawa Arab Saudi kepada sistem yang lebih “moderat” untuk keamanan dalam negeri.

Untuk diketahui, pembicaraan antara Trump dan Salman terjadi tak lama setelah penangkapan besar-besaran sejumlah pangeran dan menteri atas dugaan korupsi. Sebelumnya juga terjadi penembakan rudal balistik ke Riyadh untuk pertama kalinya. Yang didahului pengunduran diri PM Lebanon Saad Hariri di Riyadh.

Sumber kiblat

No comments