Header Ads

Inilah isi deklarasi resolusi 1911 MIUMI di solo

banner ads
Manjaniq.com - Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) bersilaturahmi dengan tokoh muslim Soloraya di Pondok Pesantren Takmirul Islam, pada Ahad (19/11/2107). Dalam pertemuan itu pula dideklarasikan Resolusi 1911.


Sekretaris jenderal (Sekjen) MIUMI Pusat, Ustadz Bachtiar Natsir menegaskan perlunya resolusi sebagai pemicu semangat kebangkitan Islam di Indonesia. “Pertemuan ini harus melahirkan resolusi dan kita deklarasikan bersama untuk menjadi pemicu semangat kebangkitan Islam di indonesia dan dunia,” ungkapnya di Pondok Pesantren Takmirul Islam, Surakarta, pada Ahad (19/11/2017).

Ketua Dewan Syariah Surakarta (DSKS), Ustadz Muinudinillah Basri kemudian didaulat memimpin pembacaan Resolusi Umat Islam Surakarta 1911. Seluruh ulama, habaib, tokoh Islam Soloraya dan Pengurus MIUMI yang hadir malam itu ikut mengucapkan kalimat yang dibacakannya.

Berikut isi Resolusi Umat Islam Surakarta 1911

Pertama, Tokoh dan Ulama ummat Islam Surakarta bertekad untuk bersatu, bersaudara, bersama-sama dan berjuang mewujudkan persatuan umat, umat yang satu di bawah kalimat tauhid dan Sunnah Nabi Muhammmad. Segala perbedaan tidak akan memecah belah hati kaum Muslimin serta kita bingkai dengan toleransi dan kasih sayang.

Kedua, menolak dan melawan segala usaha memecah belah persatuan dan persaudaraan kaum Muslimin. Bertekad berjuang bersama-sama untuk menegakkan ajaran Islam dengan Sunnah Nabi Muhammad. Bertekad mempertahankan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dengan bingkai kebhinekaan Indonesia. Dan mengantarkan Indonesia sebagai negara dan bangsa yang memberikan keteladanan dalam peradaban Islam.

Perlu diketahui, resolusi ini mengingatkan masa pada berdirinya Sarekat Islam (SI) pada tahun 1911 yang dipimpin oleh HOS Cokroaminoto. SI merupakan gerakan politik ummat Islam terbesar pada era kolonial.

Sumber kiblat

No comments