Header Ads

Saudi blokade pengiriman makanan dan obat ke Yaman, 500 ribu anak anak alami gizi buruk parah

banner ads
MANJANIQ.COM - Angkatan laut Saudi memblokade pengiriman makanan dan obat-obatan di negara ini. Hal itu menyebabkan kelaparan dan semakin memperburuk epidemi kolera yang siap merenggut ribuan sipil Yaman.

Kelompok bantuan Oxfam memperkirakan bahwa lebih dari 500.000 anak-anak di Yaman sudah menderita “kekurangan gizi parah” karena adanya blokade, dan tidak ada tanda-tanda situasi itu membaik dalam waktu dekat. Hodeidah, pelabuhan terakhir yang memiliki akses ke utara negara itu, hampir terus dikepung, dengan Saudi berusaha untuk mentransfernya ke kontrol pemerintah selatan negara tersebut.

Sepanjang tahun 2016, Komisi Tinggi untuk Pengungsi PBB melaporkan bahwa 3.936 serangan udara telah menghantam Yaman. Namun di tahun 2017, meski baru setengah tahun serangan ke Yaman melampaui seluruh serangan di tahun 2016. Hingga akhir Juni tercatat 5.676 serangan udara diluncurkan ke Yaman.

Peningkatan serangan ke Yaman di 2017 berimbas pada semakin banyaknya korban sipil berjatuhan. Serangan tersebut telah mengubah situasi kemanusiaan. Ribuan orang terbunuh dalam serangan udara.

Menjadi pengungsi di Yaman itu sangatlah menyedihkan, bayang-bayang kematian selalu menghampiri di manapun berada. Tidak ada tempat untuk berlindung meski sudah berpindah dari wilayah semula karena blokade yang dilakukan Saudi.

(BACA JUGA: Yaman krisis kemanusiaan, 2,3 Miliar USD untuk atasinya​)

Sumber: www.antiwar.com

Tidak ada komentar