Header Ads

Ma’had ‘Aly An-Nur solo tetapkan sholat idul adha 1 september 2017

banner ads
Manjaniq.com – Ma’had ‘Aly An-Nur Liddirosat Al-Islamiyah, Waru Baki, Sukoharjo, menetapkan 1 Dzulhijjah 1438 H jatuh pada besok hari Rabu (23/08). Dengan demikian, pesantren tinggi itu menetapkan Hari Raya Idul Adha tahun ini jatuh pada Jumat, 1 September 2017.

“Kami, Mudir Ma’had ‘Aly an-Nuur Waru Baki Sukoharjo menyatakan: berdasarkan tidak adanya laporan yang berhasil melihat hilal baik secara langsung maupun dengan alat bantu,” ungkap Direktur Ma’had Aly An-Nur, KH. Imtihan Syafi’i, dalam pernyataan tertulis yang diterima kiblat.net.

Pernyataan ini dikeluarkan setelah Hilal awal Dzulhijjah dinyatakan tidak bisa dilihat di Indonesia. Sehingga, bulan Dzulqa’dah digenapkan menjadi 30 hari.

“Kami, keluarga besar Ma’had ‘Aly an-Nuur Waru Sukoharjo, akan memulai Bulan Dzulhijjah pada besok hari Rabu yang bertepatan dengan tanggal 23 Agustus 2017 M,” sambungnya.

Sementara itu, Kementerian Agama baru akan menggelar sidang itsbat pada Selasa (22/08) esok. Sidang itsbat akan mengumumkan hasil rukyatul hilal yang diselenggarakan di 70 lokasi yang tersebar di 28 provinsi Indonesia.

“Hasil Rukyatul Hilal di seluruh Indonesia dan Data Hisab Posisi Hilal awal Zulhijjah 1438 H akan dimusyawarahkan dalam sidang itsbat awal Zulhijjah untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Zulhijjah 1438 H,” terang Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin di Jakarta, Ahad (20/08).
 
 Sumber kiblat

Tidak ada komentar