Header Ads

HTI Siapkan Perlawanan Hukum Atas Pembubaran Pemerintah

banner ads
Manjaniq.com – Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) mempersiapkan upaya hukum untuk menolak rencana pembubaran organisasi oleh pemerintah. Juru Bicara HTI Ismail Yusanto menuturkan pembubaran dapat dilakukan jika sudah berkekuatan hukum tetap. Oleh karena itu, HTI mempersiapkan langkah hukum terkait rencana pemerintah itu.

“Kalau Pemerintah bersikeras apa yang kita lakukan? Kita saat ini sedang menyiapkan perlawanan dan pembelaan hukum,” kata Ismail Yusanto di Jakarta Selatan, Selasa (09/05).

Dia menuturkan, pembubaran ormas itu harus sampai di tingkat Mahkamah Agung (MA) untuk memperoleh putusan berkekuatan hukum tetap. Jika pemerintah tak menaati itu, kata dia, maka pemerintah melanggar hukum. Ismail juga memastikan, hingga saat ini HTI belum pernah menerima surat peringatan dari Pemerintah.

“Baru diperlakukan begini rupa oleh Pemerintah, ya baru kali ini. Kalau kita mengikuti undang-undang ya, jangankan surat peringatan ke tiga, surat peringatan satu pun belum pernah ada,” lanjutnya.

Meski demikian, Ismail mengatakan, HTI siap membuka ruang dialog dengan Pemerintah, dalam hal ini dengan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto untuk menjelaskan garis politik yang dimiliki oleh HTI.

“Tentu kami ingin bisa berdialog dengan beliau. Karena sebenarnya bagi kami beliau bukan orang asing. Kita sudah kenal, beliau juga pernah hadir di acara kami. Pernah menjadi pembicara bahkan. Waktu itu membahas soal hasil survai mengenai syariah. Kita juga pernah datang ke kantor beliau. Kita menginginkan penyelesaian masalah itu bisa dengan cara yang bersahabat. Sehingga tidak perlu kita bertemu di pengadilan,” jelas Ismail.

Sumber :kiblat 

Tidak ada komentar