Header Ads

Taliban Bantah Terlibat Pembunuhan Anggota Palang Merah Afganistan

banner ads
Manjaniq.com -Taliban Afghanistan membantah terlibat dalam pembunuhan enam pekerja kemanusiaan dari Komite Internasional Palang Merah Afghanistan dan hilangnya dua pekerja lainnya di provinsi Jawzjan.
 
Sebaliknya, Taliban mengatakan serangan itu adalah pekerjaan “penculik.”

“Serangan terhadap konvoi @ICRC_af di daerah Turkmen Qaduq, Distrik Qushtepa #Jowzjan tidak memiliki hubungan dengan Mujahidin, itu adalah pekerjaan dari para penculik,” kata juru bicara resmi Taliban, Zabihullah Mujahid dalam akun Twitter-nya, Rabu (08/02).

Sebelumnya, Komite Internasional Palang Merah Afghanistan dalam sebuah pernyataan di situs resminya menegaskan bahwa para pekerjanya telah mengalami serangan. Enam anggota staf Komite Internasional Palang Merah (ICRC) ditembak dan tewas di Afghanistan, sedangkan dua anggota staf belum ditemukan.

Saat itu, tim dari ICRC Afghanistan terdiri dari tiga sopir dan lima petugas lapangan. Mereka sedang dalam perjalanan untuk menyalurkan bahan pokok yang sangat dibutuhkan di daerah selatan kota Shibergan di provinsi Jawzan. Konvoi mereka diserang oleh orang-orang bersenjata tak dikenal.

“Ini adalah tindakan tercela. Tidak ada yang bisa membenarkan pembunuhan rekan-rekan kami,” kata kepala delegasi ICRC di Afghanistan, Monica Zanarelli.
“Pada titik ini, terlalu dini bagi kami untuk menentukan dampak dari insiden mengerikan ini terhadap aktivitas kami di Afghanistan. Kami siap untuk dikumpulkan dalam satu tim yang saling mendukung untuk mengusut aksi ini dan menemukan rekan-rekan kami,” imbuhnya.

Dalam hal ini, tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan. “Masih belum jelas siapa dan atas dasar apa serangan dilakukan,” kata organisasi kemanusiaan tersebut.

Sumber: TLWJ, kiblat

Tidak ada komentar