Header Ads

Rezim Assad Terus Menghalangi Masuknya Bantuan ke Suriah

banner ads
Manjaniq.com,,Jenewa – Seorang penasihat senior PBB mengumumkan bahwa bantuan kemanusiaan ke Suriah berhenti karena pemblokiran yang dilakukan oleh Rezim Suriah. Demikian menurut laporan Penasihat Khusus PBB, Jan Egeland pada Kamis (16/02).

Menjelang perundingan Suriah di Swiss pekan depan, Egeland menambahkan bahwa masalah ini adalah soal hidup dan mati banyak orang.

Sejauh ini, lembaga bantuan dan mitra PBB belum mencapai seluruh daerah yang diblokade di Suriah. Ada 13 daerah terkepung yang sulit dijangkau, seperti wilayah Fuah, Kefraya, Madaya dan Zabadani. Secara keseluruhan, lebih dari 600.000 orang yang terjebak selama enam tahun konflik.

“Dalam beberapa hari terakhir pasukan bersenjata sering menghentikan lebih dari dua dari tiga konvoi bantuan dan membongkar peralatan obat-obatan diare untuk anak-anak dan dan perlengkapan bersalin untuk ibu hamil,” kata Egeland.

“Ini harus berubah,” imbuhnya, sembari mengatakan bahwa pihaknya tengah menjalin kontak diplomatik dengan Rezim Suriah terkait hal ini.

Lebih lanjut, Egeland menjanjikan dalam perundingan mendatang, pihaknya akan mengusulkan agar bantuan dapat dikirim melalui Al-Waer, provinsi Homs menuju daerah-daerah yang terkepung.


Sumber: Ara News, Kiblat

Tidak ada komentar