Header Ads

Dewan Pers Batalkan Rencana Pemberian Sertifikat 74 Media Terverifikasi di HPN

banner ads
Manjaniq.com --Wakil Ketua Dewan Pers, Ahmad Djauhar membatalkan rencana pemberian sertifikat terverifikasi kepada 74 media pada acara Hari Pers Nasional (HPN) 2017 yang akan berlangsung di Ambon pada, Kamis (09/02).
 
Sementara penerapan barcode terhadap media yang sudah mendapatkan sertifikat terverifikasi itu juga belum bisa dilakukan.
“Pemberian sertifikat kepada 74 media yang rencananya dilakukan pada HPN 2017 tidak jadi dilakukan,” kata  Ahmad Djauhar saat menggelar jumpa pers di Kantor Serikat Perusahaan Pers (SPS) di Gedung Dewan Pers, Jakarta, pada Senin (06/02).
Dijelaskan,  program ini berawal adanya Piagam Palembang pada 2010 yang ditandatangani oleh sejumlah perusahaan media. Piagam ini mengamanatkan Dewan Pers melakukan sertifikasi perusahaan media.
Ditegaskan pula, pada dasarnya program sertifikasi tersebut bersifat sukarela. “Boleh ikut, boleh tidak. Program ini bertujuan agar pers bersih, bebas dan bertanggung jawab,” katanya.
Djauhar menambahkan bahwa program sertifikasi tersebut merupakan kelanjutan pengurus Dewan Pers sebelumnya. Pihaknya memastikan hal tersebut bukan karena keinginan dari pemerintah.
“Soal hal tersebut, Dewan Pers banyak mendapat masukan dari masyarakat tentang banyaknya media masa yang tidak menjalankan kaidah jurnalistik dengan baik dan bersih,” pungkas Djauhar.

Sumber : kiblat

Tidak ada komentar