Header Ads

Situs Islam Diblokir, Komnas HAM : Pemblokiran Ada Tahapannya Tidak Semena mena.

banner ads
Manjaniq.com -- Dalam melakukan pemblokiran terhadap 11 Situs yang di antaranya terdapat situs media dakwah dan pemberitaan Islam, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) tidak menyertai pemberitahuan terlebih dahulu dan juga tidak menjelaskan perihal pemblokiran tersebut. Namun yang beredar, kesebelas situs itu diblokir lantaran menyebarkan konten ilegal.

Dalam menanggapi hal ini, Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution mengatakan, sebaiknya kesebelas situs itu harus diajak bicara dan diberi kejelasan terkait pemblokiran tersebut.

“Mestinya yang dilakukan Kominfo itu pertama harus memperjelas apa kriterianya dalam penyebaran konten ilegal itu seperti apa. Dan juga, jika dianggap menyebarkan kebencian, dan provokatif, harus dijelaskan bagian mana yang dinilai seperti itu, bukan langsung melakukan pemblokiran secara sepihak” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net, Selasa (3/1).

Lebih lanjut, Maneger menyarankan, hal kedua yang harusnya dilakukan adalah, pihak Kominfo mengundang situs-situs yang dianggap menyebarkan konten ilegal itu, untuk diajak ngobrol dan menunjukkan salahnya di mana.

“Di samping menjelaskan kriteria konten ilegal ataupun yang dinilai kurang pas itu, terakhir, seharusnya jika mau memblokir situs itu harus melalui proses hukum dan ada tahapannya tidak bisa semena-mena seperti itu” tegasnya.

Kembali ia menegaskan, jika hal terbaik yang dilakukan sebelum pemblokiran itu adalah pihak yang dinilai menyebarkan konten ilegal tadi diundang dan dijelaskan serta didiskusikan dulu perihal ukuran apa yang dipakai Kominfo soal konten Ilegal dan diberi tahu kepada situs-situs yang diblokir itu.

“Sangat penting untuk penjelasan ukuran apa yang digunakan oleh Kominfo untuk melakukan pemblokiran itu agar tidak semena-mena, dan berpotensi mengancam kebebasan berpendapat” pungkasnya.

Sumber : Kiblat

Tidak ada komentar