Header Ads

Serang ISIS, Jet Turki dan Rusia Lakukan Serangan Bersama di Suriah Utara

banner ads
Manjaniq.com--Jet tempur Turki dan Rusia melakukan serangan bersama untuk kedua kali dalam beberapa hari terakhir menargetkan wilayah Daulah Islamiyah (ISIS) di sekitar kota Al-Bab, pedesaan Aleppo, Suriah Utara.

Militer Turki mengatakan, Senin (02/01/2017), seperti dinukil Al-Jazeera dari Anadolu Agency, jet tempur Turki sedikitnya menargetkan delapan titik ISIS di kota Al-Bab, Bazaghah dan Tadif. Ketiga kota itu masih bagian dari provinsi Aleppo.

Serangan udara itu, imbuh pernyataan militer, dibarengi dengan gempuran artileri berat dan roket yang menargetkan 103 lokasi ISIS. Setidaknya 22 pasukan ISIS terbunuh, sebagaimana klaim militer.

Sementara itu, pesawat tempur Rusia berperan menargetkan ISIS di desa Dier Qaq, delapan kilometer barat daya kota Al-Bab.

Serangan udara bersama Turki dan Rusia ini merupakan kali kedua dalam sepekan di Aleppo. Jumat lalu, Jet Rusia dilaporkan menargetkan tiga lokasi ISIS di sekitar kota Al-Bab.

Al-Jazeera mengatakan, serangan pada Jumat itu nampaknya dukungan Rusia untuk operasi Perisai Eufrat. Seperti diketahui, Turki menggalang sejumlah faksi-faksi oposisi di Suriah Utara untuk memerangi ISIS.

Perkembangan ini terjadi setelah Turki merasa tidak diuntungkan oleh koalisi pimpinan Amerika Serikat. Bahkan, Turki menuding koalisi AS mendukung ISIS dan kelompok Kurdi, di mana kedua kelompok itu dianggap teroris oleh Turki.


Sumber: Al-Jazeera/kiblat

Tidak ada komentar