Header Ads

Kunjungi Mesir Diam-diam, Khalifah Haftar Disambut Istimewa

banner ads
Manjaniq.com--Mantan panglima militer Libya yang kini memimpin pasukan untuk merebut kekuasaan, Khalifah Haftar, Kamis (19/01), tiba di Kairo dalam kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya. Ia tiba di bandara internasional Kairo dengan pesawat pribadi bertolak dari Yordania.

Pemerintah Al-Sisi menyambut Haftar dengan sambutan Istimewa. Setelah pesawat berhenti, para utusan Al-Sisi segera membukakan pintu pesawat. Dia segera diarahkan ke ruang VIP bandara yang biasa digunakan untuk menyambut tamu-tamu penting.

Menurut informasi, Haftar akan menggelar pertemuan dengan Kepala Staf Militer Mesir, Mahmud Hajazi, dan Presiden Abdul Fatah Al-Sisi.

Pemerintah Mesir sendiri tidak mengumumkan secara resmi kunjungan otak kerusakan Libya itu. Haftar mengunjungi Kairo terakhir kali pada Juli lalu.

Kunjungan Haftar ini terjadi kurang dari sepekan kunjungan Kepala Dewan Presiden Pemerintahan Rekonsiliasi Nasional Libya, Fayez Al-Sarraj.Dalam kunjungan itu, ia juga bertemu dengan Al-Sisi.

Dua hari sebelumnya, negara-negara tetangga Libya juga menggelar pertemuan di Mesir. Pertemuan ini membahas persoalan Libya dan pemerintahan di negara kaya minyak itu.

Kairo menjadi tempat pertemuan para pejabat Libya dalam beberapa bulan terakhir. Pertemuan-pertemuan itu juga dihadiri oleh Al-Sisi dan kepala militer Mesir.

Sebelumnya, sebuah laporan menyebutkan bahwa Haftar tengah meminta Rusia turun ke Libya sebagaimana yang dilakukan di Suriah. Haftar ingin didukung Rusia sebagai Bashar Assad menghadapi pasukan oposisi.

Haftar sendiri memerangi faksi-faksi Islamis Libya yang sempat memegang kekuasaan. Dia juga melawan pemerintahan bersatu yang disetujui oleh PBB. Haftar membawahi pasukan militer Libya sekaligus peralatan tempurnya.

Sumber: Arabi21.com,kiblat

Tidak ada komentar