Header Ads

‘Hoax’ Adalah Strategi Komunikasi Perang

banner ads
Manjaniq.com--Beberapa waktu terakhir, beredar di masyarakat gerakan anti hoax. Namun, apa sih sebenarnya hoax itu?

Dosen Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran, Bandung, Maimon Herawati M.Litt menjelaskan bahwa hoax atau fake news (berita palsu) itu ada di dalam strategi komunikasi perang.

“Dalam sisi strategi komunikasi perang, itu ada namanya proxy war, atau disebut propaganda. Bisa disebut juga sebagai psy war atau perang mental. Dan itu dibenarkan dalam strategi perang,” ujarnya saat dihubungi Kiblat.net, Selasa(17/1).

Alumnus Newcastle University ini mengatakan, bahwa hoax atau fake news biasanya dilakukan dengan cara mengeluarkan berita-berita yang bombastis tapi tidak sesuai kenyataan. Hal ini digunakan untuk menghancurkan mental musuh.

Namun, jika dalam kaidah jurnalistik, membuat berita hoax ataupun berita bohong sangat jelas keharamannya. Karena berita harus berdasarkan fakta yang sebenar-benarnya.

Maimon menjelaskan, membuat sebuah berita tidak boleh berdasarkan karangan, atau fakta yang dibuat-buat, kemudian dimunculkan untuk diberitakan.

“Bukan kemudian fakta yang dibuat-buat, yang dimunculkan untuk kemudian ditangkap dan diberitakan seakan sebuah kenyataan pahal tidak” pungkasnya.

sumber : kiblat

Tidak ada komentar