Header Ads

10 buku terbaik tentang Islam dan Muslim

banner ads
Manjaniq.com -- Penulis kelahiran Pakistan dan kini tinggal di Amerika Serikat, Saadia Faruqi memberikan saran terkait buku-buku yang menggambarkan Islam dan Muslim secara lebih proporsional dan objektif. Saadia mengakui, situs jual beli buku secara online justru banyak memberikan pilihan-pilihan buku tentang Islam dan Muslim yang menggambarkan Islam secara tidak akurat dan bahkan salah kaprah.

Bahkan, Saadia, yang juga seorang trainer penegakan hukum dan aktivis lintas agama tersebut, menyebut banyak buku-buku tentang Islam dan Muslim yang justru ditulis oleh orang-orang yang sebenarnya tidak mengerti tentang Islam.

"Anda bahkan dapat menemukan pembahasan tentang syariat Islam dari penulis yang sebenarnya tidak mengerti apa itu syariah Islam. Atau buku yang mengupas soal Muslim, tapi penulisnya hanya mengamati dari jauh," ujar Saadia dalam sebuah artikelnya, seperti dikutip Huffington Post.

Stereotip Muslim di media-media arus utama atau misinformasi tentang Muslim dan Islam semakin menambah persepsi buruk tentang Islam dan Muslim, yang rata-rata dimiliki oleh orang di belahan bumi bagian barat. Saadia pun merekomendasikan buku-buku ini buat orang-orang yang tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang Islam dan Muslim secara objektif, proporsional, dan tidak bias.

Berikut ini daftar buku tersebut.

1. No god but God, karya Reza Aslan

2. The Great Theft: Wrestling Islam from the Extremist karya Khaled Abou el Fadl

3. Generation M karya Shelina Janmohamed

4. The Story of the Quran karya Ingrid Matson

5. Muhammad: Prophet of Our Time karya Karen Armstrong

6. 1001 Invention: The Enduring Legacy of Muslim Civilizations karya Salim Al-Hassani

7. Servants of Allah: African Muslims Enslaved in the Americas karya Sylvaine A Diouf

8. Muslims and The Making of America karya Amir Hussain

9. I Speak for Myself: American Woman in Being Muslim

10. The Fear of Islam: Introduction of Islamophobia in the West karya Todd H Green.

Sumber : Republika

Tidak ada komentar