Header Ads

Menlu AS dan Rusia Gelar Pertemuan Rahasia Bahas Aleppo

banner ads
Manjaniq.com--Menlu Amerika Serikat, John Kerry dilaporkan tengah bertemu dengan rekannya dari Rusia Sergei Lavrov untuk membahas isu Suriah di sela-sela konferensi OSCE.

Akan tetapi, kedua menteri tersebut tidak mengumumkan adanya pembicaraan antara mereka sampai menlu Jerman angkat bicara dan mengkonfirmasikan bahwa Kerry sedang menggelar pertemuan dengan Rusia di Paris.

“Hal ini bukanlah sebuah kejutan. Sekretaris Kerry telah memberitahu kita bahwa ia akan beranjak lebih awal karena sedang mempersiapkan pertemuan tentang Suriah yang akan dilangsungkan pada hari Sabtu di Paris,” kata Frank-Walter Steinmeier.

Selain itu, Kerry dan Lavrov juga dikabarkan telah mengadakan pertemuan pertama mereka di Hamburg dan membahas kemungkinan gencatan senjata di Aleppo.

“Kami tengah membicarakan situasi yang sangat mengerikan di Aleppo dan kami bertukar beberapa ide tentang hal ini,” ujarnya pada Kamis (08/12).

Kemenlu Rusia yang akhirnya mengonfirmasi pertemuan itu, mengungkapkan bahwa pembicaraan ini difokuskan pada situasi militer dan kemanusiaan di Aleppo timur.

“Para menteri telah menyetujui kebutuhan untuk melanjutkan pembicaraan intra-Suriah yang dipimpin PBB sesegera mungkin,” ungkapnya.

Walau begitu, Lavrov memberi persyaratan penyelesaian yakni dengan “menindak secara tegas kelompok oposisi Suriah”.

Terkait pertemuan yang akan dilakukan di Paris, pemerintah Perancis sendiri telah memutuskan untuk mengumpulkan negara-negara yang bertolak belakang dengan Rusia.

Hal ini sendiri dikarenakan setelah Rusia memveto rancangan resolusi gencatan senjata di Aleppo untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan keoada warga sipil yang terkepung.

Akan tetapi, pihak Rusia hingga saat ini masih bersikeras untuk menahan masuknya bantuan kemanusiaan bila pasukan oposisi Suriah masih terus berjuang untuk mempertahankan wilayahnya.


Sumber: Anadolu Agency/kiblat.net

Tidak ada komentar