Header Ads

Jelang Persidangan Kasus Ahok, Pemuda Muhammadiyah Surati Komisi Yudisial

banner ads
Manjaniq.com--Pemuda Muhammadiyah hari ini menyurati Komisi Yudisial (KY) menyusul dilimpahkannya kasus Ahok ke pengadilan. Langkah itu diambil agar tidak terjadi manipulasi hukum terutama di kejaksaan.
 
“Pesan utamanya tentu adalah memastikan proses peradilan tidak terjadi akrobat hukum, terutama di kejaksaan,” kata Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak saat dihubungi Kiblat.net pada Senin (06/12).

Dahnil juga menilai beberapa praktek manipulasi tuntutan hukum yang lemah terkait dengan kualitas jaksa penuntut umum yang buruk. Hal itu seringkali menjadi pintu masuk dalam membebaskan terdakwa.

“Selain itu, permintaan kepada KY adalah untuk memastikan KY mengawasi potensi pelanggaran etik yang mungkin bisa terjadi yang dilakukan oleh Hakim dan pengadilan,” tuturnya.

“Oleh sebab itu penting KY pantengin terus proses hukum di pengadilan tersebut,” tandasnya.


Seperti diketahui berkas perkara kasus penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama telah dinyatakan lengkap oleh pihak kejaksaan. Selanjutnya, kasus pidana pasal 156a KUHP diserahkan ke pengadilan, menunggu proses sidang.

sumber : kiblat.net

Tidak ada komentar