Header Ads

Empat Belas Tentara Turki Tewas di Al-Bab, Suriah Utara

banner ads
Manjaniq.com--Militer Turki mengatakan, Rabu (21/12), pertempuran sengit berkecamuk antara pasukan pejuang oposisi Suriah yang didukung oleh Turki dan pasukan Daulah Islamiyah (ISIS) di kota Al-Bab, pedesaan Aleppo. Sedikitnya 14 tentara Turki tewas dalam pertempuran itu.

Dalam pernyataannya, militer Turki juga mengonfirmasi 33 tentaranya luka-luka. Pertempuran kali ini digambarkan pertempuran paling sengit dalam operasi militer dengan sandi “Dar’u Furat”.

“Operasi merebut kota Al-Bab yang terkepung dengan sandi Daru’ Furat berlanjut,” tegas pernyataan militer Turki menambahkan, seperti yang dilansir kiblat.net kamis (22/12/16).

Pertempuran paling sengit itu berlangsung di daerah yang di dalamnya terdapat sebuah bangunan rumah sakit yang dialihfungsikan menjadi gudang senjata dan amunisi.

Menurut militer Turki, jika daerah tersebut berhasil dibebaskan, kekuatan ISIS di Al-Bab akan pecah. ISIS memberi perlawanan sengit dengan bom bunuh diri dan mobil.

Lembaga pengawas HAM Suriah melaporkan bahwa pertempuran sengit itu meletus di kota Al-Bab bagian tenggara. Pasukan oposisi meraih kemajuan dalam perang tersebut.

Militer Turki mengaku membunuh sebanyak 138 pasukan ISIS. Di sisi lain, ISIS mengaku membunuh 42 pasukan yang tergabung dalam operasi Dar’u Furat.

Dengan demikian, menurut keterangan resmi, sebanyak 30 pasukan Turki tewas sejak dimulainya operasi untuk memerangi ISIS di Suriah Utara itu.

Editor: Shendi arsya
Sumber: Reuters Arabic/kiblat.net

Tidak ada komentar