Header Ads

Ketum MUI: Selain Berilmu, Ulama juga Harus Mau Jihad

banner ads
Manjaniq.com--Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Ma’ruf Amin menyatakan bahwa para ulama adalah pahlawan. Dia menghimbau agar ulama membangkitkan semangat jihad.
 
“Para Ulama itu sesungguhnya  pahlawan,” kata Kyai Ma’ruf saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) MUI di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (10/11).

Pernyataan tersebut dikeluarkan Kyai Ma’ruf bertepatan dengan momentum peringatan Hari Pahlawan 10 November. Menurutnya ulama bukan hanya orang yang menguasai ilmu agama tetapi juga sebagai mujahid.

“Para ulama itu, menurut saya, gelarnya al-mutafaqihuna fiddin wal mujahidin,” ujarnya.

“Karena itu semangat jihad harus kita bangkitkan,” tandas ulama yang juga Rais Aam PBNU itu.

Kyai Ma’ruf menerangkan ada perbedaan jihad ulama zaman dahulu dengan sekarang. Jika dahulu, ulama berjihad dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, serta memerangi para pejajah.

Sementara, lanjut Kyai Ma’ruf, saat ini jihad ulama dimaknai sebagai himayah wa islahi ummah. Artinya ulama berperan melindungi dan memperbaiki umat.

“Karena itu ulama adalah pahlawan tanpa tanda jasa,” selorohnya.


MUI rencananya akan menggelar Rakernas pada 10-12 November. Forum tertinggi kedua di MUI itu akan merinci hasil Munas di Surabaya pada Agustus lalu.[kiblat]

Tidak ada komentar