Header Ads

Ini Pesan Taliban Kepada Donald Trump President Amerika Baru

banner ads
Manjaniq.com--Terpilihnya Donald Trump jadi Presiden Amerika Serikat juga menjadi perhatian Imarah Islam Afghanistan (Taliban). Gerakan jihadis yang selama sepuluh tahun lebih menghadapi pasukan AS dan sekutunya di Afghanistan itu pun menyampaikan sejumlah pesan kepada Trump.
 
Melalui pernyataan juru bicaranya Dzabihullah Mujahid, yang dirilis pada Rabu (09/11), Taliban berpesan agar Trump tidak membangun kebijakan pemerintahannya dengan merampok kebebasan warga negera lain. Tidak menghancurkan dan mengkriminalisasi negara lain demi keuntungan AS.

Paling penting, tegas Mujahid, Trump harus menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan. Presiden belum dilantik itu disarankan untuk tidak menambah kerugian pasukan dan ekonomi akibat terlibat dalam perang Afghanistan.

“Rakyat Afghansitan supaya bisa hidup berdampingan dengan negera-negara lain di bawah sistem independen dan merdeka yang tidak membayakan satu dengan lainnya,” pesan Mujahidn.

Seperti diketahui, Taliban termasuk pihak yang paling berkepentingan atas perubahan politik di negara adidaya itu. Selama sepuluh tahun lebih, AS menggulirkan pertempuran menghadapi Taliban. Tidak hanya itu, AS juga menyetir pemerintahan di negara tersebut.

Kendati belum jelas sikap terbaru AS terhadap Afghansitan, Trump dalam kampanyenya berjanji menfokuskan seluruh kekuatan di dalam negeri. Pasukan-pasukan yang berada di luar negeri ditarik dan perang di negera lain diminimalisir.


Reporter: Suhli El-Izzi

Tidak ada komentar