Header Ads

Amien Rais: "Jokowi Presiden Paling Tak Bertanggung Jawab Sepanjang Sejarah Indonesia"

banner ads
Manjaniq.com--Tidak bersedianya Presiden Joko Widodo menemui para demonstran saat unjuk rasa 'Aksi Bela Islam II' di ibu kota Jakarta, mendapat kritikan tajam dari mantan Ketua MPR RI Amien Rais. Tokoh reformasi tersebut menyatakan sebaiknya Presiden Jokowi jangan menganggap remeh demonstrasi tersebut, karena unjuk rasa 'Aksi Bela Islam II' baru hanya sekadar teguran dari kekuatan rakyat yang akan bisa menggulingkan kekuasaannya.
 
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu memberikan pesan kepada Presiden Jokowi di sela-sela demonstrasi pada Jumat (4/11). Amien mengingatkan agar Jokowi jangan salah mengambil keputusan terkait kasus pernyataan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok soal Surat Almaidah.


“Anda (Jokowi) don't mess around (jangan main-main) karena ini pertaruhan Anda. Jadi kalau Anda memilih Ahok dan bangsa yang demikian besar ini dikalahkan, Anda tercatat dalam sejarah negara ini sebagai seorang pemimpin yang betul-betul tak tanggung jawab,” kata Amien seperti dilansir dari CNNIndonesia.com, (4/11).

Menurut Amien Rais, ribuan orang berkumpul untuk demonstrasi hari ini karena marah atas ucapan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, terkait pernyataannya soal Surat Almaidah.

Amien Rais merupakan salah satu tokoh nasional diantara sekian banyak tokoh dan para ulama lainnya yang mengikuti aksi unjuk rasa terbesar dalam sejarah Indonesia tersebut.

Amien Rais berjalan kaki bersama sekitar ratusan pendemo lain yang menuju Istana Kepresidenan. Ketika melewati Gedung Badan Reserse Kriminal Mabes Polri di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Amien Rais berteriak "Hidup Polisi, Hidup Bareskrim, dan Hidup Perdamaian".

Sebuah meme yang dibuat para netizen di dunia maya menyindir sikap Presiden Joko Widodo yang dianggap tidak bertanggung jawab, karena meninggalkan begitu saja jutaan demonstran yang ingin menyampaikan aspirasi kepadanya.

Sejak Kamis (3/11) sore, sejumlah massa dari luar Jakarta sudah tiba di Ibu Kota dengan titik kumpul di Masjid Istiqlal. Sekitar seratus ribu massa sehabis sholat Jumat di Masjid Istiqlal sudah bergerak menuju Istana Kepresidenan.


Para demonstran juga datang dari berbagai penjuru Indonesia menuju ibu kota Jakarta dengan tujuan mendesak Presiden Jokowi untuk berlaku adil dalam menerapkan hukum terhadap Gubernur Ahok yang dianggap telah melecehkan ajaran Islam .(ghn)

Tidak ada komentar