Header Ads

3 Bekal Sebelum Menulis

banner ads
Manjaniq.com--“Gagasan yang tidak diminati orang akan sia-sia. Tulisan yang tidak dibaca orang akan sia-sia. Lebih sia-sia lagi dakwah dan pemikiran yang tidak diterbitkan.” (Bambang Trim)
 
Banyak yang bilang menulis itu sulit. Yang pasti, di balik kesulitan selalu ada kemudahan. Allaah mengaruniakan tekad, i’tikad, dan manfaat sehingga menulis menjadi aktivitas yang penuh tantangan sekaligus mengasyikkan. Namun ingat, meski kemampuan menulis adalah karunia Allaah, kemampuan tersebut bukanlah bakat yang dibawa sejak lahir. Menulis adalah kemampuan yang bisa dan sangat mungkin dipelajari.

Melalui salah satu bukunya, “Menjadi Da’i dengan Menulis Buku”, Pak Bambang Trim mencoba membagikan tips bagi kita semua tentang bagaimana menstimulus gagasan untuk memulai sebuah tulisan. Ini dia.

Banyak membaca
Yap! Pasangan menulis tidak lain dan tidak bukan adalah membaca. Banyak membaca dapat merangsang gagasan, memperkaya kosa kata, dan menemukan gaya tulisan.

Banyak berjalan
Bepergian akan memberikan input dan hikmah yang besar bagi kita. Hal inilah yang dapat menstimulus ide dalam pikiran kita. Ingatlah, para ulama terdahulu yang banyak menulis buku umumnya adalah para pengembara. Maka mulai saat ini, jangan lagi sekadar jalan-jalan, travelling, atau naik gunung. Tapi niatkan sesuatu yang lebih bermakna dari itu, yaitu sebagai sarana untuk menekuri ayat-ayat-Nya. Termasuk juga, rajin-rajinlah berjalan untuk mendatangi majelis atau kajian ilmu, seperti: seminar, bedah buku, talkshow, dan sebagainya.

Banyak bersilaturrahmi
Rasulullaah shalallaahu ‘alayhi wasallam pernah mengingatkan kita tentang kedahsyatan silaturrahmi. Diantaranya dapat menjadi jalan pembuka rezeki. Rezeki silaturrahmi itu bisa berupa ilmu dan ide untuk tulisan. Oleh sebab itu, jangan pernah lagi melewatkan momen untuk bersilaturrahmi kepada orang-orang yang keberadaannya di dunia ini sarat akan hikmah, pelajaran, dan inspirasi. Temukan mereka di sekitar kita!


Selamat mencoba! Mari mulai menarikan pena! [laninalathifa]

Tidak ada komentar