Header Ads

BNPT Bisa Fasilitasi Mantan Napi Teroris Berdakwah, Asalkan Amanah Sesuai Syarat Yang Diberikan BNPT

banner ads
Manjaniq.com--Deputi Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT, Irjen. Pol. Arief Dharmawan menyatakan bahwa kegiatan kontra ideologi yang dilakukan oleh para mantan narapidana teroris merupakan langkah yang positif dan efektif dalam memerangi paham teroris di Indonesia.
 
Seperti dilansir dari detikcom, hal itu senada dengan program prioritas BNPT yang lebih mengedepankan upaya deradikalisasi dan pencegahan terorisme. Apalagi, lanjutnya, saat ini propaganda teroris berbasis IS/ISIS sangat berpotensi melakukan aksi terorisme secara bersama-sama ataupun individu.

BNPT juga menegaskan bahwa lembaga negara itu bisa memberikan fasilitas para mantan narapidana terorisme. Namun, tak ada istilah ‘makan siang gratis’, BNPT juga memberikan syarat tertentu kepada mantan napi yang difasilitasi agar amanah dalam penyampaiannya.

“BNPT bisa memfasilitasi para mantan napi teroris untuk melakukan kegiatan dakwah amar makruf nahi munkar melawan propaganda teroris asalkan mereka benar-benar amanah di dalam penyampaian dan pelaksanaannya,” ujarnya.

Arief menjelaskan keberhasilan deradikalisasi untuk mengembalikan pemahaman napi teroris kepada hal yang lebih toleran bukan berasal dari (banyaknya jumlah orang yang mengajak, red) kuantitatif tapi kualitatif (siapa yang mengajak, red).


“(Khususnya) dari para mantan napi teroris tersebut untuk mengajak masyarakat dan kelompoknya untuk berama-sama berpandangan toleran dan berdasarkan hukum positif dalam bermasyarakat,” urainya.[kiblat]

Tidak ada komentar