Header Ads

Soal Kasus Ahok, Pemuda Muhammadiyah: Polri Tidak Serius Menangani Laporan Kami

banner ads
Manjaniq.com--Pemuda Muhammadiyah menilai pihak kepolisian belum merealisasikan janji mereka untuk memproses dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.
 
“Publik hanya mendapatkan berita yang simpang siur di media masa dan media sosial. Buktinya, laporan kami Angkatan Muda Muhammadiyah ke Polda Metro Jaya Nomor:TBL/4868/X/2016/PMJ/Ditreskrimum pada tanggal 7 Oktober 2016 sampai detik ini belum ada tanda-tanda diproses,” katanya kepada Kiblat.net melalui keterangan tertulis Rabu (19/10).

Ia mengaku belum mendapatkan konfirmasi resmi sama sekali dari Mapolda Metro Jaya maupun Mabes Polri. Beberapa kali dihubungi melalui nomor telpon resmi yang tertera di Tanda Bukti Laporan tidak pernah menjawab. Padahal, saat ini sudah terhitung 13 hari sejak laporan diterima.

“Informasi yang menyebutkan bahwa kasus ini dilimpahkan ke Bareskrim Mabes Polri juga sama sekali belum kami terima secara resmi dari Polda Metro Jaya,” tuturnya.

Ia juga mengatakan seharusnya Polri bekerja sesuai dengan aturan yang tertera di KUHAP dan SOP yang belaku. Setiap laporan resmi tentu harus diproses secara resmi pula. Pemberitahuan, pemeriksaan pelapor, terlapor dan saksi, termasuk pelimpahan perkara dan lain-lain harus melalui mekanisme administrasi yang resmi.

“Karena sama sekali tidak mendapatkan informasi resmi, kami menganggap polri tidak serius menangani laporan masyarakat,” ulasnya.

Menurutnya, setiap warga negara berhak untuk melaporkan adanya tindak pidana dan mendapatkan proses hukum yang semestinya. Sementara perkembangan situasi di lapangan semakin liar. Ia mengkhawatirkan amarah umat Islam tak terkendali jika polisi tidak segera memberi bukti konkrit untuk memproses Ahok yang dengan jelas diduga melakukan penistaan terhadap agama Islam.

“Oleh karena itu, kami meminta Polri segera membuktikan janjinya, memproses laporan masyarakat dan memanggil Ahok untuk diperiksa. Kemudian melanjutkan proses hukumnya sesuai dengan prosedur yang benar, adil dan jujur,” tukasnya.


“Proses hukum terhadap Ahok dalam kasus ini sangat penting. Demi menjaga keharmonisan kehidupan berbangsa yang mulai rusak akibat pernyataan seorang Ahok,” pungkasnya.[kiblat]

Tidak ada komentar