Header Ads

Hari Ini dalam Sejarah: Kesultanan Turki Dihapus Berganti Republik

banner ads
Manjaniq.com--1 November 1923, Kesultanan Turki dihapuskan dan diganti dengan Negara Republik oleh Mustafa Kemal At Turk yang kemudian menjadi presiden pertamanya.
 
Ghazi Mustafa Kemal Pasha—nama lain Mustafa—adalah seorang perwira militer yang memimpin revolusi. Mustafa membuktikan dirinya sebagai komandan militer yang sukses saat memimpin komandan divisi dalam Pertempuran Gallipoli.

Ketika Kekaisaran Ottoman kalah di tangan tentara Sekutu, Mustafa Kemal memimpin gerakan nasional Turki yang kemudian dikenal dengan Perang Kemerdekaan Turki, demikian lansir History.



Kampanye militernya sukses menghasilkan kemerdekaan negara dan terbentuknya Republik Turki. Sebagai presiden pertama negara ini, Mustafa Kemal memperkenalkan serangkaian pembaruan yang luas yang berusaha menciptakan sebuah negara modern yang sekuler dan demokratis.

Pada 24 November 1934, Mustafa Kemal dianugerahi nama “Atatürk” (yang berarti Bapak Bangsa Turki) oleh Majelis Agung Turki meskipun ia dikenal sebagai pengkhianat Islam.

Mustafa dituduh berperangai kasar dan berambisi kuat memimpin negara. Setelah berkuasa, Mustafa disebut-sebut menghancurkan reruntuhan Islam di Turki. Ia mengeliminasi sesuatu yang berbau Islam. [is]


Tidak ada komentar